Tuesday, June 28, 2022

2:16 AM
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Willem Wandik Sebut Mimika Layak Jadi Ibu Kota Provinsi Papua Tengah.
Willem Wandik Sebut Mimika Layak Jadi Ibu Kota Provinsi Papua Tengah

TIMIKA, LELEMUKU.COM - penetapan Ibu kota Provinsi Papua Tengah (PPT) di Kabupaten Nabire menuai pro kontra bagi masyarakat yang berdomisili di Mimika dan sekitarnya.

Salah satunya Bupati Kabupaten Puncak, Wilem Wandik. Menurutnya penetapan Ibu kota PPT menjadi perdebatan bagi semua pihak, tapi jika di lihat dari hasil kajian akademis, Kabupaten Mimika layak menjadi ibu kota provinsi.

"Memang kalau ada pertimbangan lain di Nabire berbeda dengan kajian dan itu butuh waktu, kalau mau cepat daerah itu maju saya pikir di Timika layak," kata Wilem Wandik.

Ia juga menyampaikan terimakasih kepada pemerintah pusat yang telah menyetujui pembentukan DOB di Papua, yakni Provinsi Papua Selatan, Provinsi Papua Tengah dan Provinsi Papua Pegunungan Tengah.

Pembentukan DOB sebagai kado bagi masyarakat Papua, yang mana daerah-daerah lain di Indonesia menginginkan adanya pemekaran suatu daerah sehingga rentang kendali pelayanan kepada masyarakat lebih menjangkau namun terkendala moratorium.

"Untuk masalah DOB, saya mau sampaikan terimakasih kepada bapak Presiden yang sudah memberikan tiga provinsi di Papua," kata tuturnya.

Walaupun terjadi perdebatan, tidak menjadi soal jika penetapan Ibu kota PPT ditetapkan di Nabire, atau Mimika, hanya saja pemerintah perlu melihat kesiapan daerah secara objektif. 

"Pilihan pertama ibu kota adalah Timika, kedua adalah Nabire, dan dalam waktu yang singkat ini dipilih Nabire dan bagi saya tidak jadi masalah, cuma yang jadi masalah itu fasilitas yang menjadi objektif ada di Timika," ungkapnya. (Ricky Lodar)