Monday, September 16, 2024

6:16 PM
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Bandara Sentani segera Gelar Latihan Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD).
Bandara Sentani segera Gelar Latihan PKD

SENTANI, LELEMUKU.COM - Rencana hari Kamis, 19 September PT Angkasa Pura Indonesia (InJourney Airport) Bandara Internasional Sentani Jayapura bersama dengan seluruh komunitas bandara akan menggelar Latihan Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD).

Kegiatan latihan PKD dilaksanakan dalam rangka memastikan implementasi Dokumen Airport Emergency Plan (AEP) dan Dokumen Airport Security Program (ASP) berjalan baik pada penanggulangan Keadaan Darurat Penerbangan di Bandar Udara melalui fungsi komando, koordinasi dan komunikasi antar Airport Emergency Committee (AEC) dan Airport Security Committee (ASC).

Dalam rangkaian latihan PKD kali ini, Bandara Internasional Sentani Jayapura menggelar tiga latihan kedaruratan, yakni latihan penanganan kecelakaan pesawat udara (Aircraft Accident Exercise), penanganan ancaman keamanan (Security Exercise), dan penanganan terkait kesehatan (Medical Emergency Exercise).

“Latihan PKD yang kami lakukan telah dirancang sedemikian rupa sehingga mendekati kondisi keadaan darurat yang sesungguhnya. Agar dapat menguji kesiapan personel bandara serta prosedur yang berlaku demi memastikan keamanan dan keselamatan operasional penerbangan,”kata Surya Eka Stakeholder Relation Department Head

Dalam latihan PKD ini, Bandara Internasional Sentani melibatkan instansi terkait yang termasuk dalam Komite Kedaruratan Bandara. Di antaranya seperti Airport Emergency Committee dan Airport Security Committee, yang berasal dari Angkasa Pura Indonesia, Otoritas Wilayah X, TNI AU Lanud Silas Papare, BIN, Brimob Polda Jayapura,  Polres Jayapura,  Airnav, Balai Kekarantinaan Kesehatan Kelas I Jayapura, Imigrasi, Bea Cukai dan Rumah Sakit serta Puskesmas sekitar, Tim SAR Sentani, tim pemadam kebakaran, serta kru maskapai dan ground handling.

Untuk itu dikarenakan latihan PKD akan dilaksanakan seperti keadaan yang sesungguhnya, kami menghimbau kepada seluruh pengguna jasa yang berada di Bandara Internasional Sentani Jayapura  pada saat pelaksanaan latihan PKD, untuk tidak panik dan tetap tenang selama kegiatan berlangsung. (Otis Rum)