Sunday, June 19, 2022

3:50 PM
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Sinergi Satgas TNI 405/SK Bersama Puskesmas Jita Cegah Virus Rubella. JAYAPURA, LELEMUKU.COM - Selamat datang di Lelemuku, saat ini anda sedang membaca berita dan informasi terbaru dari Komando Daerah Militer 17 Cenderawasih. Silahkan melanjutkan untuk membaca informasi selengkapnya.

Mimika – Anggota Satgas Yonif 405/SK Kolakops Korem 174/ATW melaksanakan pendampingan petugas Puskesmas Jita dalam rangka program vaksinasi kepada anak-anak di Kampung Wenin dan Kampung Noema, Distrik Jita, Kab. Mimika, Minggu (19/06/2022).

Menurut Bintara Kesehatan Pos Jita Satgas Yonif 405/SK Sertu Nurdin F, sebagian orang tua di Kampung Wenin maupun di Kampung Noema awalnya ada warga yang menolak anaknya di vaksin, karena mengira bahwa vaksinasi yang dilaksanakan oleh petugas kesehatan adalah progam vaksinasi Covid-19.

“Berkat kerjasama dan pengertian yang baik, kemudian anggota Pos Jita Satgas Yonif 405/SK melakukan pendekatan kepada warga dan petugas Puskesmas memberikan penjelasan tentang bahaya penyakit Rubella,” kata Bintara Kesehatan Pos Jita Satgas Yonif 405/SK Sertu Nurdin F.

“Setelah menerima penjelasan, akhirnya dengan senang hati para orang tua Kampung Wenin dan Kampung Noema mempersilahkan anaknya di imunisasi. Selama pelaksanaan vaksinasi, tim kesehatan Pos Jita Satgas Yonif 405/SK mendampingi dan menggendong sambil menenangkan anak-anak yang takut dengan jarum suntik,” tambah Sertu Nurdin F.

Merespon antusiasme warga, Petugas Puskesmas Jita Trisna Tambing S.Tr. Keb menjelaskan bahwa vaksin Rubella merupakan vaksin untuk membentuk imunitas tubuh secara aktif dalam mencegah terjadinya infeksi Rubella.

“Perlu saya jelaskan bahwa Rubella adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus, biasanya menginfeksi anak-anak dan remaja. Rubella sendiri merupakan penyakit yang berbeda dari campak, tetapi memiliki kesamaan karena sama-sama menyebabkan ruam kemerahan pada kulit,” jelas Trisna Tambing S.Tr. Keb.

Kegiatan ini mendapat apresiasi dari petugas Puskesmas Jita Citra Ayu Dewi Lestari S.Tr.Gz. Citra.

“Saya sangat berterimakasih kepada Satgas Yonif 405/SK yang telah bersinergi membantu kelancaran berlangsungnya program ini. Program vaksinasi yang dilaksanakan pada masa liburan sekolah kurang berjalan optimal, namun dengan dibantu oleh anggota Satgas Yonif 405/SK, kami menjemput bola dengan cara mendatangi rumah-rumah warga, sehingga program dapat terlaksana dengan baik,” imbuh Citra.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Terima kasih karena anda telah membaca berita terbaru dari Kodam Cendrawasih silahkan bagikan informasi ini kepada rekan-rekan anda.