Saturday, August 6, 2022

5:50 PM
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Cegah Stunting, Dandim Boven Digoel Hadiri Rapat Perubahan Lokus Dan Persiapan Rembug Stunting 2023. JAYAPURA, LELEMUKU.COM - Selamat datang di Lelemuku, saat ini anda sedang membaca berita dan informasi terbaru dari Komando Daerah Militer 17 Cenderawasih. Silahkan melanjutkan untuk membaca informasi selengkapnya.

Boven Digoel – Komandan Kodim 1711/BVD Letkol Czi Agustinus Ressa Sala’pa, S.T, M.I.P menghadiri kegiatan rapat perubahan lokus stunting dan persiapan rembug stunting dalam rangka aksi percepatan penurunan stunting di wilayah Kab. Boven Digoel, bertempat di BP4D, Kampung Persatuan Distrik Mandobo Kab. Boven Digoel, Sabtu (06/08/2022).

Berlangsungnya kegiatan rapat tersebut sebagai bentuk tindaklanjut adanya perubahan penentuan lokus stunting 2023 dan persiapan rembug stunting di Kab. Boven Digoel.

Dalam sambutannya Dandim 1711/BVD Letkol Czi Agustinus Ressa Sala’pa, S.T., M.I.P menyampaikan pada tanggal 28 Juni yang lalu Bapak Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) telah didaulat menjadi Bapak Asuh Stunting, sehingga seluruh Satuan jajaran TNI-AD diperintahkan untuk menjadi Bapak Stunting di wilayahnya masing-masing.

“Menindaklanjuti hal ini, saya telah memerintahkan Perwira Seksi Teritorial Kodim untuk mendata yang tergolong stunting sebagai bahan laporan ke komando atas dan juga sebagai dasar guna menentukan langkah dan upaya dalam mengatasi stunting” ucapnya.

Ia juga menambahkan, ada beberapa hal faktor penting penyebab stunting diantaranya adalah kurangnya asupan gizi selama hamil, kebutuhan gizi anak tidak tercukupi, kurangnya pengetahuan ibu terhadap gizi pada saat sebelum, selama serta setelah melahirkan dan beberapa faktor lainnya.

“Kita seharusnya membuat perencanaan dan langkah jangka pendek, jangka menengah hingga jangka panjang, seperti sosialisasi di Kampung-kampung, pengobatan gratis dan lain sebagainya,” imbuhnya.

Menurutnya, masalah Stunting bisa terselesaikan apabila semua instansi terkait bergandengan tangan dan berkomitmen bersama untuk mempercepat penurunan angka Stunting Di Boven Digoel.

“Saya harapkan setiap instansi terkait dan masing-masing individu terlibat dengan tetap mengedepankan sinergitas pada saat pelaksanaannya demi terwujudnya masyarakat Boven Digoel yang sejahtera dan bebas dari Stunting,” tutupnya.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Terima kasih karena anda telah membaca berita terbaru dari Kodam Cendrawasih silahkan bagikan informasi ini kepada rekan-rekan anda.